Berhasil Latih Urban Combat Pasukan Multinasional, Komandan Brigade Sektor Timur UNIFIL Bangga Dengan Satgas Indobatt

 Berhasil Latih Urban Combat Pasukan Multinasional, Komandan Brigade Sektor Timur UNIFIL Bangga Dengan Satgas Indobatt

Komandan Sector East UNIFIL Brigadier General Luis Jesus Fernandes Herrero Francisco Jose dan Prajurit Satgas Indobatt Konga XXIII-N/UNIFIL | Foto: Dok Puspen

HAIMEDIA.ID, Jakarta – Komandan Sector East UNIFIL Brigadier General Luis Jesus Fernandes Herrero Francisco Jose menyatakan rasa puas dan bangga kepada Prajurit Satgas Indobatt Konga XXIII-N/UNIFIL yang telah berhasil memberikan pelatihan Urban Combat kepada tentara mutinasional di daerah penugasan misi PBB.

Demikian dikatakan oleh Perwira Seksi Operasi dan Perencanaan Satgas Indobatt XXIII-N/UNIFIL Lettu Inf Ormuzd A. Wibowo usai pelaksanaan Joint Urban Combat Training yang diikuti oleh tentara dari Serbia, India, Spanyol, El Savador, Lebanon dan Indonesia yang berlangsung selama lima hari, bertempat di Sector East UNIFIL, Lebanon, Jumat (13/11/2020).

Adapun pelatih yang ditunjuk berasal dari Satgas Indobatt Konga XXIII-N/UNIFIL antara lain Lettu Inf Rohim, Lettu Inf Nugraha Y.P, Lettu Inf Ormuzd A. Wibowo, Lettu Inf Denny Febrianto dan Letda Inf ardimas Mahardika. Sedangkan materi latihan Urban Combat yang merupakan jenis pertempuran jarak dekat yang terjadi di pemukiman penduduk. Kemampuan ini juga dapat diaplikasikan pada operasi pembebasan sandera di pesawat, kereta api, bus, kapal maupun di gedung.

Dalam pertempuran jarak dekat, kecepatan, kekerasan dan unsur kejut menjadi modal utamanya. Seorang prajurit harus mampu berlindung, berlari dan menembak dengan cepat dan tepat. Dalam hal ini keberadaan warga sipil harus diperhatikan, mengingat mereka berada dalam area pertempuran. Oleh karena itu kesalahan sekecil apapun akan beresiko besar terhadap keselamatan warga sipil dan prajurit.

Sumber: Plh. Kabidpeninter Puspen TNI Letkol Inf Ro’is Nahrudin, S.S., M.A.P

Related post