Instagram Punya Insta Stories, Twitter Memiliki Fleets

 Instagram Punya Insta Stories, Twitter Memiliki Fleets

Fleets hadir di twitter mirip insta stories | Foto: Istimewa

HAIMEDIA.ID, Jakarta – Tak mau kalah dari fitur Instagram, kini Twitter meluncurkan fitur Fleets secara global kepada pengguna setelah melewati proses uji coba.

Fitur ini mirip dengan Instagram stories, yang memungkinkan pengguna Twitter membuat konten efemeral yang bisa menghilang setelah 24 jam.

Fleets akan digulirkan untuk aplikasi Twitter pada Android dan iOS, dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari ke depan. Twitter berharap dengan ada fitur ini pengguna bisa mengekspresikan pikirannya dengan lebih santai.

“Lewat uji coba kami di Brasil, Italia, India, dan Korea Selatan, kami melihat Fleets membantu banyak orang merasa lebih nyaman mengikuti percakapan – kami melihat orang dengan Fleets lebih banyak berbicara di Twitter,” kata Design Director Twitter Joshua Harris dan Product Manager Twitter Sam Haveson dalam blog post, seperti dikutip  dari The Verge, Rabu (18/11/2020).

“Mereka yang baru menggunakan Twitter menemukan Fleets sebagai cara yang lebih mudah untuk membagikan apa yang ada di pikirannya. Karena langsung menghilang setelah sehari, Fleets membantu orang-orang merasa lebih nyaman membagikan pikiran pribadi dan kasual, opini dan perasaannya,” imbuh keduanya.

Pada dasarnya, Fleets adalah kloningan Instagram Stories dan Snapchat. Untuk mengunggah Fleets, pengguna Twitter bisa menekan ikon ‘share’ yang ada di bawah cuitan mereka. Pengguna Twitter bisa melihat Fleets dari followers-nya di bagian atas timeline.

Pengguna bisa membagikan teks, merespon cuitan pengguna lain, atau mengunggah video dengan opsi editing yang mirip seperti aplikasi lain, dan tiap Fleets akan menghilang setelah 24 jam.

Pengguna juga bisa merespon Fleets orang lain dengan menekan salah satu Fleets di beranda aplikasi atau di profil pengguna dan mengirimkan pesan langsung atau emoji ke kreatornya, yang akan memulai percakapan lewat DM.

Twitter mengatakan mereka akan menambahkan fitur kreatif lainnya seperti stiker dan video live dalam beberapa waktu ke depan. Tapi pengguna tidak bisa me-retweet atau menyukai Fleets.

Sumber: The Verge, Detiknet

Related post