Mau Sehat, Biasakan Makan Buah Sebelum Menyantap Makanan Berat ini Anjuran dari Nabi Muhammad SAW

 Mau Sehat, Biasakan Makan Buah Sebelum Menyantap Makanan Berat ini Anjuran dari Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi buah-buahan | Foto: Istimewa

HAIMEDIA.ID, Jakarta – Rasullulah SAW menganjurkan kita untuk makan buah sebelum menyantap makanan berat. Hal ini juga tercatat dalam Al-Quran.

Nabi Muhammad SAW memberikan anjuran untuk makan buah sebelum menyantap makanan berat seperti roti, nasi dan daging.

Hal ini berkaitan dengan penyerapan nutrisi dalam buah yang ternyata lebih optimal saat buah disantap ketika perut dalam keadaan kosong. Makan buah sebelum menyantap makanan berat juga membuat penyerapan makanan lebih maksimal. Ahli gizi merekomendasikan waktu paling ideal menyantap buah yakni 30 menit sampai 2 jam sebelum waktu makan.

Dalam Al-Quran tercatat anjuran untuk menyantap buah lebih dulu.

“Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. (Al Waqi’ah 20-21)

Para ulama berdalil bahwa Allah SWT menyebut buah dahulu baru daging sebagai anjuran dalam islam, makan buah lebih dahulu baru makanan pokok. Dalam kisah Rasululullah SAW juga pernah mencontohkan untuk menyantap buah kurma lebih dulu sebelum menikmati makanan lainnya.

Imam An-nawawi menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi Al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar. Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata,

“makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi”

Imam AN-Nawawi menjelaskan bahwa hadits ini sebagai dalil dianjurkannya mendahulukan makan buah, baru kemudian roti, daging dan makanan pokok lainnya. Dilansir dari Muslimafiyah (28/1/2021).

Dari sisi kesehatan, menyantap buah sebelum makan makanan berat juga ampuh menjadi trik untuk menekan nafsu makan. Jika dilakukan secara rutin maka menyantap buah sebelum makan makanan berat bisa menjaga tubuh dari kenaikan berat badan berlebih.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Sumber: Muslimafiyah, dtkfood

Related post