Kedai Kopi Asal Indonesia Bertambah di Mesir

 Kedai Kopi Asal Indonesia Bertambah di Mesir

Dubes Mesir Luthi Rauf saat membuka Kedai Kopi Bayt El Bon Brazili Minggu 9 Mei 2021

HAIMEDIA.ID, Cairo, Mesir – Kedai kopi yang menyajikan kopi asal Indonesia kembali bertambah jumlahnya di Mesir, dengan dibukanya Kedai Kopi Bayt El Bon Brazili di bilangan Nasr City, Cairo, Minggu (9/5/2021). Pembukaan kedai kopi baru tersebut diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Dr.(H.C) Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan KBRI Cairo.

“Kami bangga kopi Indonesia semakin mewarnai dan menjadi primadona di pasar Mesir. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Hassan Haggag dan group yang terus mempromosikan kopi Indonesia secara kontinu dalam rangka memperkuat posisi Indonesia sebagai market leader kopi Indonesia di pasar Mesir,” ungkap Dubes Lutfi Rauf seusai pengguntingan pita.

Di masa masa pandemi Covid-19, khususnya di penghujung bulan Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri, pemerintah Mesir makin meningkatkan pengetatan protokol kesehatannya. Diantaranya, dengan penutupan mall, kafe dan restoran pada pukul 21.00 malam. Hal ini memberikan angin segar bagi peningkatan konsumsi kopi Indonesia, yang semakin marak menjadi sajian primadona bagi kalangan  rumah tangga dan masyarakat di Mesir.

Pemilik kedai kopi Bayt Bon Brazili Dr. Hassan Sayed Haggag dan Mohamed Haggag selaku Direksi Haggag for Import and Export, mengaku telah mengimpor produk biji kopi pilihan Indonesia. Utamanya jenis robusta Indonesia sejak tahun 2003 hingga saat ini, dan telah menerima penghargaan pemerintah Indonesia, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah RI kepada buyer luar negeri yang secara kontinyu dan loyal membeli produk Indonesia.

Haggag menuturkan, pihaknya bersama-sama dengan perusahaan Knoz El Bonni dan El Nada Co berkomitmen mengimpor biji kopi Indonesia pada tahun 2021 sebesar USD 30 juta atau senilai Rp. 429 miliar untuk memenuhi kebutuhan penduduk dari utara hingga selatan Mesir.

Sebagai produk pendukung kopi, Haggag juga mengimpor rempah-rempah Indonesia, diantaranya biji pala, cengkeh dan kayu manis dari wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menambahkan nilai ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada tahun 2020 mencapai USD 50 juta atau senilai 715 miliar rupiah.

“Tren  pertumbuhan ekspor ini positif dan memberi sinyal meningkatnya jumlah penikmat kopi di Mesir yang mencari sensasi kelezatan minum kopi nusantara dimasa pandemi Covid-19,” pungkaf Atase Perdagangan.

Related post