Wartawan Aktivis, Perempuan dan Anak-anak di Afghanistan di Evakuasi Pesawat Militer Ukraina

 Wartawan Aktivis, Perempuan dan Anak-anak di Afghanistan di Evakuasi Pesawat Militer Ukraina

Situasi di Bandara Kabul

HAIMEDIA.ID, Kyiv – Sebuah pesawat militer Ukraina telah mengevakuasi 83 orang dari Kabul pada Minggu, termasuk wartawan, aktivis, serta perempuan dan anak-anak Afghanistan, kata Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba.

Ribuan orang yang ingin pergi menghindari kekuasaan Taliban di Afghanistan telah berkerumun di bandara, sementara Amerika Serikat dan negara-negara lainnya berupaya mengevakuasi ribuan diplomat dan warga sipil mereka serta banyak warga Afghanistan.

“Hari ini, sebuah pesawat militer Ukraina membawa 83 orang keluar dari Kabul. 31 warga Ukraina+para warga negara asing: jurnalis @RFERL, @WSJ, @USATODAY, aktivis hak asasi manusia, perempuan dan anak-anak Afghanistan,” kata Kuleba melalui cuitan.

“Mereka sudah aman di Kyiv. Kita tidak meninggalkan warga negara kita, kita juga membantu yang lainnya. Sedang berupaya untuk melakukan evakuasi lebih lanjut,” tulis Kuleba.

Dalam pernyataan terpisah, kantor presiden Ukraina mengatakan ada 100 warga Ukraina yang masih berada di Afghanistan.

Ukraina pekan lalu membantu evakuasi Sahraa Kairimi, seorang produser film Afghanistan serta perempuan pertama yang mengepalai Organisasi Film Afghanistan –badan yang dimiliki pemerintah setempat.

Taliban pada Minggu melakukan penertiban di luar bandara.

Kelompok itu melepaskan tembakan ke udara dan menggunakan pentungan untuk memaksa orang-orang antre secara tertib di pintu-pintu masuk utama dan agar mereka tidak berkerumun melewati garis yang ditetapkan, kata para saksi mata.

Sumber: Reuters

Related post