Negara Bagian Victoria Mencatat 92 Kasus Baru Covid-19

 Negara Bagian Victoria Mencatat 92 Kasus Baru Covid-19

Ilustrasli Victoria Australia Lockdown

HAIMEDIA.ID, Melbourne – Negara bagian Victoria, Australia, rumah bagi lebih dari seperempat dari 25 juta penduduk negara itu, pada Minggu melaporkan 92 kasus baru virus corona yang didapat secara lokal, jumlah tertinggi dalam hampir satu tahun.

Victoria dan negara bagian tetangga New South Wales, serta Wilayah Ibu Kota Australia, telah dikunci selama berminggu-minggu, karena pihak berwenang berjuang untuk memadamkan varian Delta yang sangat menular.

Lockdown Victoria, yang keenam sejak awal pandemi, akan berakhir minggu depan. Itu semakin tidak mungkin dengan penyebaran virus. Ada 778 kasus COVID-19 aktif di negara bagian itu, menurut data kesehatan.

New South Wales, di mana infeksi terus memecahkan rekor harian baru, mencapai 1.035 kasus pada Minggu, akan sedikit melonggarkan pembatasan minggu depan.

Australia, negara dengan sistem federal yang longgar, telah mengelola wabah COVID-19 secara berbeda, tergantung pada negara bagian atau wilayah, menyebabkan perdebatan nasional yang memanas tentang tindakan yang tepat.

Pemerintah konservatif negara itu telah mendesak negara-negara bagian untuk membuka kembali perbatasan mereka begitu target vaksinasi 70% dari mereka yang berusia 16 tahun ke atas tercapai.

“Belajar untuk hidup dengan virus adalah satu-satunya harapan kami,” harian The Age mengutip Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan pada Minggu. “Menunda dan menyangkal fakta itu tidak hanya salah tetapi juga sangat tidak realistis.”

Hanya 33,7% orang yang berusia lebih dari 16 tahun yang telah divaksin penuh, tetapi dalam beberapa minggu terakhir Australia telah berlomba untuk menginokulasi populasinya. Pada tingkat saat ini, 80% dapat divaksin pada pertengahan November.

Pemerintah federal mengumumkan rencana bulan lalu yang mempertimbangkan karantina wilayah sebagai kunci untuk memadamkan wabah hingga 70% populasi divaksin dan pembukaan kembali perbatasan Australia secara bertahap ketika jumlahnya mencapai 80%.

Namun, dengan lebih dari 49.900 kasus dan 993 kematian, Australia mempertahankan angka COVID-19 relatif rendah.

Sumber: Reuters

Related post