6 Makanan Khas Betawi dengan Cita Rasa Istimewa dan Keunikan yang Menggugah Selera

 6 Makanan Khas Betawi dengan Cita Rasa Istimewa dan Keunikan yang Menggugah Selera

Makanan Khas Betawi. Sumber: Istimewa

HAIMEDIA.ID – Tidak hanya budayanya saja, makanan khas Betawi pun menjadi sesuatu hal yang menarik untuk dicoba.

Ditambah lagi, kuliner khas Betawi memiliki cita rasa yang beragam, mulai dari gurih, pedas, sampai manis. Mulai dari camilan, hingga makanan berat.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Betawi, jangan lupa untuk mencicipi 6 makanan khas berikut!

1. Kerak Telor

Betawi dan kerak telor bagaikan dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Makanan satu ini kerap dijumpai di acara festival budaya kesenian.

Kerak telor sendiri terbuat dari telur ayam atau bebek yang dimasak dengan ketan putih dan ebi sangrai. Salah satu ciri khas kerak telor ada dalam cara memasaknya yakni telur yang dibalik ke arah arang saat adonan kerak telor sudah setengah matang.

2. Soto Betawi

Kelezatan soto Betawi memang tidak perlu ditanyakan lagi. Berkat hal tersebut, soto Betawi menjadi salah satu makanan yang populer dan saat ini sudah dapat dengan mudah ditemukan di tempat lain.

Berbeda dengan soto lain yang biasanya menggunakan kuah bening dengan mie, soto Betawi justru menonjolkan aneka jeroan sapi yang dimasak dengan kuah santan.

3. Semur Jengkol

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah semur jengkol. Salah satu daya tarik makanan ini tentu saja ada pada aromanya yang sangat kuat. Bagi beberapa orang mungkin aroma ini sangat mengganggu. Namun, bagi penggemar semur jengkol justri aroma inilah yang menjadi salah satu kenikmatannya.

Semur jengkol dibuat dari jengkol yang dicampur dengan bermacam bumbu dan rempah.

4. Nasi Kebuli

Makanan satu ini cukup populer di kalangan Betawi keturunan Arab. Nasi kebuli sendiri terbuat dengan kaldu kambing. Jadi, tidak mengherankan jika rasa nasi itu sendiri sudah sangat gurih.

Sebagai pelengkap, nasi kebuli juga dilengkapi tumisan daging kambing dan juga asinan nanas!

5. Lontong Sayur

Meski awalnya hanya disajikan saat perayaan Idul Fitri, kini lontong sayur dapat dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima di wilayah Jakarta, termasuk kampung Betawi.

Satu porsi lontong sayur terdiri atas kupat dan sayur labu yang disiram dengan kuah santan.

Supaya lebih nikmat, jangan lupa untuk menambahkan kerupuk dan bawang goreng saat menyantapnya.

6. Kue Cucur

Jika ingin mengganjal perut, tentu saja kue cucur khas Betawi merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun toko kue, kue cucur juga biasa disajikan pada pernikahan maupun upacara tradisional.

Dengan bahan dasar beras dan gula merah, kue cucur didominasi rasa manis yang tentunya membuat ketagihan.

Related post