Puasa Syaban 2022 Berapa Hari? Cek Jadwal di Sini Lengkap dengan Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

 Puasa Syaban 2022 Berapa Hari? Cek Jadwal di Sini Lengkap dengan Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

Puasa Syaban 2022. Sumber: google

HAIMEDIA.ID – Tanggal 1 Syaban 2022 jatuh pada tanggal 4 Maret 2022. Masuknya bulan Syaban menjadi pertanda bahwa umat Islam sudah semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Lantas, puasa Syaban 2022 berapa hari?

Sementara itu, malam Nisfu Syaban tahun 2022 ini jatuh pada hari Kamis, 17 Maret 2022 sejak setelah Maghrib. Pada Nisfu Syaban, umat Islam juga dianjurkan untuk menunaikan puasa Nisfu Syaban.

Bulan Syaban menjadi bulan istimewa bagi Nabi Muhammad SAW, karena pada bulan ini Rasulullah SAW menjalankan puasa sunnah lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa “Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan puasa lebih banyak dalam sebulan selain bulan Syaban” (HR Bukhari).

Bulan Syaban juga merupakan bulan terakhir bagi seorang muslim untuk mengganti puasa pada Ramadhan sebelumnya. Diriwayatkan, Abu Salaham ra, mendengar Aisyah ra berkata, “Aku dahulu punya kewajiban puasa. Aku tidak bisa membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Syaban”.

Dalam kalender Hijriyah 1443 H, 3 hari pertama bulan Maret 2022 masih masuk bulan Rajab 1443 yang digenapkan jadi 30 hari. Sementara itu, 1 Syaban bertepatan dengan tanggal 4 Maret 2022.

Itu artinya, Kamis 3 Maret 2022 sudah masuk bulan Syaban tahun 2022 ini. Syaban 1443 H diperkirakan berlangsung selama 29 hari. Oleh karena itu, 1 Ramadhan akan bertepatan dengan Sabtu, 2 April 2022.

Terkait malam Nisfu Syaban, jika mengacu pada kalender masehi, 15 Syaban akan berlangsung pada Jumat, 18 Maret 2022. Mengingat perhitungan hari dalam kalender Qomariah dimulai pada malam hari, maka nisfu Syaban akan bertepatan dengan Kamis, 17 Maret 2022 malam hari.

Pada hari Nisfu Syaban inilah umat Islam dianjurkan untuk menunaikan puasa Nisfu Syaban selama satu hari, yakni pada tanggal 18 Maret 2022.

Hukum pengerjaan puasa Syaban adalah sunnah. Cara untuk mengerjakannya sama seperti melakukan puasa sunnah yang lain. Hanya bacaan niat yang membedakannya dengan puasa lainnya. Bacaan niat puasa Syaban adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala”.

Selain mengamalkan puasa Syaban 2022, umat Muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan amalan lain seperti membaca Al Quran, melakukan salat tasbih, ataupun membaca doa Nisfu Syaban seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

Itulah ulasan mengenai puasa Syaban 2022 berapa hari. Semoga bermanfaat!

Related post